Vinland Saga, Anime Seru Tentang Viking

Spread the love

Saat ini, cerita yang diangkat oleh anime mulai beragam. Mulai dari kehidupan sehari-hari, fantasi akan masa depan, dunia ajaib yang penuh magis, hingga kejadian-kejadian yang terjadi di masa lampau. Banyak anime yang mengangkat setting waktu dan tempat pada masa lampau. Mulai dari era para samurai, masa dimana para ninja hadir, atau bahkan waktu para bajak laut sedang berjaya. Nah, saat ini hadir salah satu anime yang mempunyai latar yang sangat unik, yaitu pada masa Viking berada. Setting yang diambil menarik karena Viking sendiri tidak muncul di Jepang, melainkan dari bangsa Skandinavia di era pertengahan. Cerita tentang masa Viking tersebut bisa Anda tonton pada anime Vinland Saga.

Plot Vinland Saga

Cerita dari Vinland Saga mengambil latar pada era pertengahan di Inggris. Saat itu Inggris sedang dikuasai oleh para prajurit Viking pada abad ke 9. Anime ini berfokus pada sosok Thorfinn, seorang anak dari seorang ksatria Viking yang bengis, yaitu Thor. Di awal anime diperlihatkan bagaimana kekejaman dari Thor dalam membunuh pasukan lawan. 17 tahun berselang, Thor memilih untuk hidup dengan tenang dan diceritakan sudah memiliki keluarga dengan seorang istri dan dua orang anak, yaitu Ylfa dan Thorfinn. Mereka tinggal dengan damai di suatu daerah di Islandia. Thor sudah tidak mau lagi berurusan dengan perang di masa lalunya.

Suatu ketika, rekan lama Thor datang dan mengajaknya ikut dengan Kerajaan Denmark untuk menginvasi Kerajaan Inggris. Thor pun mengiyakan ajakan tersebut dan ikut berlayar. Thorfinn yang saat itu masih kecil diam diam mengikuti ke kapal dan ikut dalam setiap perjalanan dan peperangannya. Namun naas baginya, anak tersebut harus menyaksikan bagaimana ayahnya mati setelah dibunuh secara curang oleh musuhnya yaitu Askellad. Selanjutnya Thorfinn dibesarkan oleh Askellad.

Thorfinn sendiri awalnya hanya seorang anak polos yang antusias dengan cerita tentang sebuah daratan yang damai dan tak ada perang, yaitu Vinland dan ingin kesana. Sayangnya, karena adanya sebuah tragedi dan keinginan membalaskan dendam pada orang yang telah membunuh ayahnya membuat Thorfinn berubah dari seorang anak lugu yang periang menjadi seorang prajurit terampil memainkan senjata yang haus darah. Darah seorang ksatria Viking yang mengalir di dalamnya semakin membuat Thorfinn menjadi seorang mesin pembunuh berdarah dingin. Thorfinn pun menjalani berbagai perjalanan serta pertempuran selama masa invasi sembari menunggu waktu yang tepat untuk membalaskan dendam kesumatnya pada musuh ayahnya yaitu Askellad.

Mengapa Vinland Saga Menjadi Anime Yang Bagus?

Anime Vinland Saga sendiri diangkat dari manga berjudul yang sama pada tahun 2005. Tapi anime ini baru tayang sejak tahun 2019. Penulisnya, Makoto Yukimura membuat cerita ini dengan mengambil unsur yang terjadi di dunia nyata. Sang penulis betul-betul memberikan cerita berdasarkan kejadian yang real. Meskipun ada beberapa tokoh fiktif seperti Thor dan Thorfinn, namun ada beberapa tokoh yang hadir di dunia aslinya, seperti Pangeran Canute, Thorkell the Tall dan Leif Erikson.

Makoto Yukimura juga menggunakan beberapa catatan sejarah seperti The Saga of the Greenlanders dan The Flateyjarbók. Bahkan pada awal anime ditunjukkan perang Hjörungavágr yang betul-betul terjadi di dunia nyata pada tahun 986, walaupun di anime disebutkan tahun 987. Anime ini bisa dibilang adalah anime historikal yang betul-betul menggambarkan kondisi saat itu, sampai-sampai berhasil menggambarkan bagaimana kebengisan Viking.

Anime ini diproduksi oleh studio Wit Studio. Ya, Wit Studio yang juga menghadirkan anime populer yaitu Attack on Titan dan The Ancient Magus Bride. Melihat track record dari studio tersebut, seharusnya tidak diragukan lagi kualitasnya. Dan memang betul, kualitas visual yang dihadirkan pada Vinland Saga betul-betul bagus. Adegan pertarungan yang dihadirkan cukup realistis dengan animasi yang ciamik. Suasana perang yang sadis dan penuh adegan pertumpahan darah mampu dihadirkan dengan baik pada anime ini. Anime ini juga mendapatkan beberapa sentuhan CGI yang menambah kesan realistis. Jika Anda mengharapkan anime yang bisa menggambarkan kondisi perang yang sesungguhnya dengan atraksi pedang dan senjata serta potongan badan yang tercincang serta lumuran darah, maka anime ini mampu memuaskan ekspektasi Anda.

Itulah tadi penjelasan terkait anime Vinland Saga yang wajib Anda tonton ataupun streaming. Perhatian juga untuk menonton secara bijak dan memperhatikan umur karena banyaknya adegan sadis di anime ini. Jadi, selamat menonton anime Vinland Saga ya!